Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Tindakan ekonomi

Artikel Tentang Tindakan Ekonomi


Pengertian tindakan ekonomi Rasional dan Irasional - Hari ini Saya membuat sebuah artikel tentang IPS ekonomi dengan judul Pengertian tindakan ekonomi Rasional dan Irasional
Kami akan memeberikan pengertian dari tindakan ekonomi, lalu pengertian tindakan ekonomi Rasional dan Irasional berserta contoh contohnya. Artikel ini saya ambil dari LKS Ekonomi.


Pengertian Tindakan Ekonomi
Suatu tindakan yang dilakukan manusia untuk mengatasi ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas disebut dengantindakan ekonomi. Dengan kata lain tindakan ekonomi adalah tindakan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan agar hidupnya sejahtera. Termasuk didalam tindakan ekonomi adalah tindakan dalam kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgqFH53pfnx1Gaf5-fDoJICEHpSOhOieTKlxW7mRB9nt2fF5oF6VRQSs4CqIe3EAwbHJarTqW0Eogh0UaYYbYx0sBTOe5smKF4esJ44Sme_mptcbske9rfhk1UabCH7q4AQJYUaGsqTbpnk/s1600/Pengertian+tindakan+ekonomi+Rasional+dan+Irasional.png
Membeli Baju Merupakan salah satu TIndakan ekonomi



Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional
TIndakan ekonomi dapat dibedakan menjadi tiindakan ekonomi rasional dan tindakan ekonomi irasional, apa pengertian dari tindakan ekonomi rasional dan irasional ? berikut.

A. Tindakan ekonomi Rasional
Tindakan ekonomi rasional dalah setiap tndakan manusia yang dilandasi atas dasar pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. Contoh tindakan ekonomi rasional yaitu : Hasan membeli baju yang sudah jadi di toko pakaian karena harganya lebih murah dan tinggal pakai dari pada membeli kain dan harus pergi ke penjahit yang memakan waktu yang lama dan biaya lebih mahal.

B. Tindakan ekonomi Irasional
Tindakan ekonomi irasional adalah setiap tindakan manusia di mana menurut perkiraan akan lebih menguntungkan tetapi kenyataan justru merugikan. Contohnya dari tindakan ekonomi irasional yaitu : Adi pergi ke sekolah dengan menaiki sepeda motor padahal jaraknya hanya 5km dengan alasan lebih praktis dan biayanya murah daripada menaiki sepeda. Padahal apabila di perhitungkan dengan ongkos yang dikeluarkan akan lebih boros.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.