Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Manfaat kunyit

17 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Mengatasi Penyakit Ringan Hingga Kronis



Kunyit adalah salah satu bahan makanan yang memiliki warna dan cita rasa yang khas. Selain digunakan sebagai bumbu, kunyit dapat dimanfaatkan sebagai  obat untuk mengatasi masalah kesehatan. Lantas, apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan?

Kandungan Kunyit

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat kunyit bagi kesehatan, Anda juga perlu mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. Rimpang adalah bagian dari kunyit yang banyak digunakan. Manfaat rimpang kunyit yang didapatkan tubuh karena kandungan kurkuminnya dan minyak atsiri.
Kurkumin juga memiliki peran dalam memberikan warna kuning jingga pada tanaman ini. Sementara itu minyak atsiri pada kunyit memiliki persentase sebesar 2,5% sampai 6,0%.
Berikut adalah kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam rimpang kunyit, di antaranya:
  • Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar.
  • Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth.
  • Zat warna kurkumin yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Setelah Anda mengetahui kandungan yang ada pada kunyit, kini saatnya Anda mengetahui manfaat kunyit secara umum. Dalam bidang kesehatan kunyit dapat digunakan sebagai pengobatan untuk:

1. Maag

Menurut penelitian, manfaat kunyit dalam bidang kesehatan juga bisa membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita dispepsia.

2. Tukak lambung

Beberapa penelitian menyatakan, khasiat kunyit bagi kesehatan adalah mengatasi sakit tukak lambung.

3. Ruam kulit

Kondisi iritasi kulit akibat liken planus (peradangan yang terjadi pada kulit, rambut, kuku, dan selaput lendir) bisa diatasi dengan mengonsumsi produk tertentu yang mengandung unsur kimiawi kunyit.

4. Kanker

Menurut sejumlah penelitian, kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kanker. Manfaat kunyit bagi tubuh bisa didapatkan karena kandungan kurkuminnya dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker. Selain itu, manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya memperlambat penyebaran kanker payudara ke paru-paru dan bagian tubuh lain.

5. Meredakan rasa sakit saat menstruasi

Beberapa penelitian mengungkapkan, manfaat kunyit bagi kesehatan juga bisa didapatkan dari suplemen. Mengonsumsi suplemen yang mengandung kunyit bisa meringankan rasa sakit saat menstruasi. Namun, klaim terhadap hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

6. Mengatasi Alzheimer

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat kunyit bagi kesehatan dapat menghambat penumpukan senyawa beta-amiloid yang merusak pada otak penderita penyakit Alzheimer dan juga menguraikan plak-plak yang telah ada sebelumnya.

7. Meredakan nyeri

Dalam bidang kesehatan kunyit dapat digunakan sebagai pereda nyeri. Sebuah penelitian mengungkapkan, efektivitas kurkumin sebagai pereda inflamasi pada sendi. Senyawa ini merupakan penghambat alami enzim Siklooksigenase (COX)-2.

8. Mencegah diabetes tipe 2

Sebuah penelitian lain menyebutkan bahwa, manfaat kunyit bagi kesehatan juga mampu mengurangi resistensi insulin dan mencegah diabetes tipe 2 pada tikus percobaan di laboratorium.

9. Menjaga kesehatan kulit

Selain untuk kesehatan, manfaat kunyit bagi kesehatan juga berguna untuk perawatan kulit dan kecantikan. Karena kandungan antioksidannya, kunyit dapat membantu proses regenerasi kulit, sekaligus mengurangi pembentukan noda hitam pada kulit, jerawat dan masalah kulit lainnya.

10. Menjaga kesehatan jantung

Khasiat kunyit yang selama ini dikenal sebagai rempah-rempah bumbu masakan ternyata memiliki manfaat kesehatan, khususnya bagi pasien jantung. Sebuah riset menunjukkan, ekstrak dari bumbu kunyit, memiliki antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mencegah serangan jantung pada mereka yang telah menjalani operasi bypass.
Selama operasi bypass, otot jantung dapat rusak akibat kurangnya pasokan aliran darah sehingga meningkatkan risiko pasien mendapatkan serangan jantung. Namun, temuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Cardiology ini mengindikasikan bahwa kurkumin dapat meringankan risiko tersebut ketika ditambahkan ke terapi pengobatan tradisional.

11. Menjaga kesehatan sistem saraf

Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF) adalah salah satu hormon yang bekerja dalam proses pembentukan koneksi-koneksi baru di otak. Manfaat kunyit bagi kesehatan di sini adalah meningkatkan kadar BDNF dalam otak sehingga mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak. Meningkatnya BDNF, efek lanjutannya adalah meningkatnya kemampuan memori.

12. Mengurangi mual

Timbulnya rasa mual bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari stres hingga adanya infeksi pada pencernaan. Apabila mual yang dirasakan terkait dengan pencernaan, manfaat kunyit bagi kesehatan adalah mengurangi rasa mual. Kandungan phytochemical di dalam kunyit ini berfungsi untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga rasa mual Anda bisa teratasi.

13. Mengobati penyakit asam lambung

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang pada asupan makanannya mengandung satu sendok rempah kunyit, tubuhnya terbukti memiliki sistem pencernaannya lebih sehat. Pencernaan yang dimaksud di sini adalah lambung dan usus besar.
Perlu diketahui, senyawa yang terkandung pada kunyit bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung, dengan cara meningkatkan produksi lendir. Beberapa makanan tertentu bisa membahayakan kesehatan lambung dan dapat mengikis dinding usus.

14. Mengurangi tekanan gas dan diare

Guna memastikan bahwa pencernaan Anda dalam kondisi baik, indikator yang mudah terlihat adanya keluar gas dari sistem pencernaan. Namun, jika gas yang Anda keluarkan berlebihan, maka hal itu menandakan ada masalah pada sistem pencernaan.
Manfaat kunyit bagi kesehatan ini ampuh untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih. Caranya, cobalah tuang satu sendok bubuk kunyit halus ke dalam satu gelas air hangat berukuran sedang. Konsumsi rutin selama 2 minggu berturut-turut.
Selain masalah gas, manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah kemampuannya mengatasi diare. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat serangan diare.

15. Menjadi obat alergi alami

Manfaat kunyit bagi kesehatan lainnya adalah sebagai antialergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Seperti halnya antihistamin, manfaat kunyit bagi kesehatan adalah mencegah pelepasan histamin–zat kimia yang memicu reaksi alergi, dan menghambat aktivitas protein penyebab peradangan.

16. Menjaga kondisi paru-paru penderita asma

Dibanding aspirin, kunyit memiliki sifat analgesik yang lebih baik karena mengandung bahan alami yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Selain itu, manfaat kunyit bagi kesehatan berikutnya digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menekan peradangan di bronkus.

17. Menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya bahwa jamu kunyit asam jawa telah mampu menurunkan berat badan. Kurkumin yang ada pada kunyit juga berfungsi untuk merespon peradangan pada sel tubuh, termasul sel otot, lemak dan pankreas. Dengan begitu, berat badan cenderung lebih stabil.
Selain menurunkan berat badan, manfaat kunyit bagi kesehatan lanjutnya adalah terjaganya kadar gula dalam darah. Apabila Anda mengalami  diabetes, cobalah untuk rutin mengonsumsi kunyit. Manfaat kunyit secara umum dipecaya dapat menurunkan gula darah penderita diabetes. Efek ini diduga terkait kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh kunyit.
Nah, itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan yang harus Anda tahu. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.