Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Manfaat kol


4 Khasiat Super di Balik Hijaunya Sayur Kol

    JawaPos.com – Sayur kol sempat menjadi viral karena sebuah lagu di media sosial. Namun di balik viralnya lagu tersebut, sayur kol ternyata memiliki khasiat ajaib untuk kesehatan.
    Sayuran dengan tekstur berlapis ini mengandung banyak vitamin. Antara lain vitamin A, B1, B2, B6, E, C, dan K. Selain itu, kol yang memiliki mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, yodium, kalium, belerang, fosfor dan folat.
    Dengan kandungannya tersebut, kol adalah sayur super di antara kategori sayuran berdaun. Bisa dimasak dengan merebus, mengukus, bahkan dibuat jus. Untuk itu dilansir dari NDTV, Selasa (9/4), ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa dipetik dari sayur kol.
    Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), per 100 gram kol mengandung 0,10 gram lemak, 18 miligram natrium, kalium 170 miligram, karbohidrat 5,80 gram, dan protein 1,28 gram. Dengan manfaat kesehatan potensial seperti itu, maka kol harus ada di piring Anda.
    1. Turunkan Berat Badan

    Sama seperti semua sayuran lainnya, kol juga kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin. Kol juga cukup rendah kalori. Jika makan kol secara keseluruhan, seseorang akan merasa kenyang dan mendapatkan banyak nutrisi yang dibutuhkan, tetapi tidak mendapatkan banyak kalori.

    Ilustrasi. Sayur kol bisa membuat seseorang mudah kenyang. Sehingga bagus dikonsumsi jika ingin menurunkan 
     badan. (active.com)

    2. Detoksifikasi Tubuh
    Kol kaya akan vitamin C dan sulfur. Keduanya diketahui menghilangkan racun seperti radikal bebas dan asam urat dari tubuh kita. Selain itu, jus kol mengandung antioksidan ‘Indole-3 carbonile’, yang memainkan peran penting dalam detoksifikasi hati. Hati memainkan peran penting dalam berbagai fungsi metabolisme tubuh – sintesis protein, produksi hormon, regulasi penyimpanan glikogen, dan lainnya.
    3. Kontrol Gula Darah
    Kol kaya akan fitonutrien yang disebut betalains. Betalain dikenal untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu produksi insulin. Kol juga dikemas dengan antioksidan dan anti-hiperglikemia yang menjadikannya obat untuk diabetes. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, makan sayur-sayuran seperti kol, brokoli, dan bayam dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe-2.
    4. Kulit Sehat
    Kol kaya akan mineral kecantikan. Belerang yang ada di setiap selnya bertanggung jawab untuk menarik nutrisi dan membuang limbah dari sel. Inilah yang disebut osmosis. Untuk kulit jernih, seseorang harus memiliki osmosis yang baik. Kol mengandung vitamin C dan K, dan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan sulfurnya berguna dalam penyembuhan jerawat dan eksim.

    Tidak ada komentar:

    Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.