Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Pengertian mesin telex

Pengertian Mesin Telex

Mesin Telex (Teleprinter Exchange) adalah jaringan yang mirip dengan jaringan telepon tetapi hanya digunakan untuk mengirimkan pesan berbasis teks. Jaringan ini telah tersedia untuk hubungan internasional dan menggunakan teknik sinya yang telah ditentukan oleh International Telecommunication Union  (ITU).

Mesin telex pengirim akan melakukan dial-up terhadap telex penerima sesuai dengan nomor id yang telah ditentukan untuk verifikasi, kemudian baru data dikirimkan ke mesin telex penerima.


Kelebihan dan Kekurangan Mesin Telex

Kelebihan Mesin Telex Telex dahulu sangat banyak digunakan oleh bank dan militer karena mesin ini sangat effektif dan akurat dalam pengiriman dan penerimaan berita. Dan yang paling utama adalah tidak bisa disadap mengingat system operasional telex ini memerlukan arus kerja yang tertentu sehingga lebih atau kurang sedikit saja akan menimbulkan permasalahan.

Dengan teknologi ini, kita tidak lagi dibatasi oleh kabel yang mengharuskan pengiriman data. Keyboard sebagai input data dengan printer sebagai outputting data harus berada dalam satu ruangan atau dalam jarak yang dapat dijangkau oleh kabel data.

Dengan alat pengiriman dan pencetakan data bisa tidak dalam satu ruangan bahkan berada diluar daerah sekalipun, dengan syarat harus memiliki antenna atau pemancar pengirim dan penerima yang memiliki jangkauan yang memadai pula.


Kekurangan Mesin Telex


Dari sisi kecepatan mesin telex sangat lambat sehingga harus kalah dengan mesin fax.

Kesimpulan
Dengan demikian mesin telex sangat begitu penting karena dapat membuat data teks yang dikirimkan menjadi aman.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.