Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Cara Mengatasi Konflik Keluarga

Di dalam setiap keluarga pasti pernah mengalami konflik atau permasalahan. Sekalipun keluarga tersebut dinilai sebagai keluarga harmonis bukan berarti di antara mereka tidak pernah terjadi konflik. Seperti halnya pasangan suami istri, dalam keluarga juga ada konflik yang nantinya bisa menjadi kunci untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga apabila dapat diselesaikan dengan baik. Jadi, sudahkah Anda menyelesaikan konflik yang mungkin sedang terjadi dalam keluarga Anda?

Definisi dari keluarga harmonis adalah masing-masing anggota keluarga dapat bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara sehat dan efektif. Dibutuhkan peran serta seluruh anggota keluarga untuk mengatasi konflik yang sedang terjadi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa digunakan untuk memulai penyelesaian konflik dalam keluarga:
  1. Perjelas konflik yang sedang terjadi dengan melakukan identifikasi terhadap seluruh anggota keluarga.
  2. Diskusikan masalah dengan tenang dan seluruh anggota keluarga harus mengemukakan pendapatnya.
  3. Mintalah pendapat dan solusi dari setiap anggota keluarga mengenai langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  4. Jika kondisi dan situasi memanas, alangkah baiknya jika mengambil waktu untuk calm down sejenak.
  5. Ambil sebuah solusi yang terbaik dan mintalah persetujuan dari setiap anggota keluarga.
  6. Buktikan solusi tersebut dengan tindakan nyata, karena solusi tanpa adanya tindakan sama dengan jalan buntu.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda juga harus memperhatikan tips-tips di bawah ini agar penyelesaian konflik tersebut dapat berjalan dengan lancar:
  • Milikilah pikiran yang terbuka dengan mendengarkan pendapat anggota keluarga lainnya.
  • Pastikan keluarga sudah sepakat bahwa solusi yang diambil merupakan jalan yang terbaik.
  • Hindari sikap gegabah dan terburu-buru dalam menyelesaikan permasalahan.
  • Bersikaplah tenang dan sabar agar usaha penyelesaian konflik yang dilakukan dapat berjalan sesuai harapan.
  • Bila ada anggota keluarga yang memancing emosi Anda, sebaiknya tetaplah bersikap tenang dan dengarkan pendapat serta keinginannya.
  • Hindari sikap menuduh atau menghakimi anggota keluarga yang menyebabkan masalah terjadi, bicaralah secara baik-baik dan dengarkan penjelasannya.
Adapun untuk menyelesaikan konflik dengan baik, dibutuhkan komunikasi dalam keluarga agar masing-masing anggota dapat terbuka satu sama lain. Hubungan dan komunikasi antar anggota keluarga sudah selayaknya tidak tertutup. Luangkanlah waktu setidaknya 15 menit dalam satu hari untuk duduk bersama seluruh anggota keluarga seraya menikmati secangkir teh dan membicarakan hal-hal yang terjadi dalam satu hari yang sudah terlewati. Jika dalam suatu keluarga terjalin komunikasi yang baik, tentunya konflik atau permasalahan pun dapat diselesaikan bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.