Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bidang Perdagangan

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG PERDAGANGAN



Seperti yang kita tahu bahwa zaman telah berubah. Dimana banyak sekali perkembangan-perkembangan yang tidak dapat terhitung, salah satunya dari segi teknologi. Semua melalui proses-proses dan ketentuan-ketentuan tertentu, dan kita tau akan hal itu.

Teknologi , suatu hal yang dapat mempermudah pekerjaan kita. Tidak hanya hanya mempermudah pekerjaan, melainkan salah satunya mempermudah dalam mendapatkan informasi dan dalam segi perdagangan. Mengenai mempermudah dalam perdagangan, banyak sekali manfaat-manfaat teknologi informasi dalam bidang perdagangan. Berdagang tidak hanya bisa didunia nyata , melainkan berdagang secara online pun itu bisa. Dan pada pembahasan kali ini kita akan membahas “Manfaat Teknologi Informasi dalam Bidang Perdagangan”.

Sebelum membahas, kita sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu “Teknologi Informasi”. Teknologi informasi adalah istilah dari berbagai macam hal dan kemampuan yang dapat digunakan untuk pembentukan,penyimpanan,dan penyebaran informasi. Jadi secara singkatnya teknologi informasi itu dapat membantu,dapat digunakan dan yang jelas dapat mempermudah dalam berbagai hal. Teknologi informasi itu bisa berupa alat/peralatan seperti contohnya komputer/laptop dan sejenisnya. Manfaat teknologi informasi itu banyak, dalam berbagai bidang dan semua orang memiliki pendapat masing-masing dalam hal ini.

Sekarang saya tidak usah basa-basi lagi,berikut kita akan membahas manfaat-manfaat teknologi informasi dalam bidang perdagangan:

1.      Kita dapat mempermudah diri sendiri dan orang lain dalam transaksi jual dan beli.
Mengapa seperti itu ? karena teknologi informasi itu LUAS jadi kita bisa menggunakan yang namanya internet. Internet juga mempermudah kita dalam mentransaksi jual beli. Contohnya , sebuah layanan online yang disebut toko online. Kita dapat membeli yang kita butuhkan disana tanpa harus mengantri, dan yang pasti dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

2.      Modal dan biaya-biaya lainnya yang minim.
Kita kalau mau berdagang pasti membutuhkan modal. Tidak hanya modal fisik dan mental, melainkan juga modal materi. Tetapi bila kita berdagang secara online, atau bahasa orang awamnya berdagang di internet, semua itu dapat menjadi sekecil mungkin tapi dapat menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari modal kita dan biaya operasional. Karena kita tidak perlu memiliki yang namanya toko dan karyawan, rata-rata kan kalau kita berdagang pada umumnya kan seperti itu. Dalam berdagang secara online ini biasanya cukup dilakukan dengan email.

3.      Dalam mempromosikan, dibagian perdagangan menjadi sangat tepat/efektif .
Menjalankan atau berdagang secara online, kita dengan mudah mendapatkan target-target pasar/pemasaran, dengan menggunakan konten/artikel yang sedang HOT topik. Jadi dengan adanya informasi yang ada di blok atau situs, kita bisa memaparkan/ memetakan pasaran yg mana akan dituju. Jadi intinya kita tidak perlu lagi dan tidak ada bebad dalam hal berpromosi seperti sales yang harus bertemu dengan calon pembeli.

4.      Target untuk pemasaran dalam berdagang yang luas.
Dengan menggunakan media yang namanya internet yang dapat di akses oleh seluruh orang di dunia maka media internet sangat memungkinkan kita untuk mendapatkan target penjualan yang besar dan luas. Jadi apapun itu produk / jasa yang di jual secara online dapat di promosikan secara elektronik melaui internet.

5.      Pendataan dalam berdagang dapat menjadi mudah.
Dengan adanya yang namanya teknologi informasi, kita dapat mempermudah dalam pendataan barang/produk kita. Tidak hanya dalam pendataan barang yang terjual, melainkan pendataan seperti, barang yang masuk, pendataan customer, pendataan barang bulanan, dan masih banyak lagi. Cara melakukannya adalah salah satunya dengan menggunakan komputer/ laptop/ tablet/smart phone yang didalamnya sudah ada aplikasi/ tools pengolahan data. Dalam hal ini kita tidak perlu repot dalam yang namanya pembukuan secara manual, karena dapat banyak memakan waktu yang kita butuhkan untuk hal lain

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.