Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Manfaat Komputer

manfaat komputerManfaat Komputer dalam Kehidupan Manusia Ditinjau Dari Berbagai Aspek

Manfaat komputer sangat dirasa dalam kehidupan manusia, untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik di bidang pendidikan maupun yang lainnya. Selain bisa  mengakses informasi dari seluruh penjuru dunia, komputer juga bisa menyajikan pelajaran yang cukup menarik dan kreatif baik di sekolah, di rumah atau dimanapun Anda berada.

Secara garis besar manfaat komputer terbagi menjadi 3 bagian, yaitu untuk memudahkan segala urusan, untuk sarana komunikasi dan alat penghibur diri. Namun jika dijabarkan banyak manfaat yang diperoleh tidak hanya 3 hal tersebut saja, diantaranya adalah sebagai mempermudah pekerjaan agar cepat selesai, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan jika ada kesalahan maka kertas tersebut kemudian akan di sobek dan selanjutnya di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang sudah di ketik tidak bisa Anda edit kembali, sementara dengan memakai komputer Anda bisa mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat Anda edit secara berulang-ulang.
Manfaat Komputer sekarang telah dirasa diberbagai bidang, semata tidak hanya digunakan untuk hiburan dan alat komunikasi saja, melainkan sudah merambah kedunia pendidikan, keamanan dsb. Berikut beberapa hal yang perlu anda sadari manfaat dari adanya komputer, yang pertama ditunjukkan dari bidang keamanan dan pertahanan, komputer merupakan suatu bagian yang sangat penting, karena lewat komputer suatu negara dapat memperkuat pertahanannya dari serangan luar, dengan peralatan-peralatan yang canggih suatu negara cukup menyerang dan bertahan dengan mengendalikan komputer.
Kemudian di bidang kesehatan mulai memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, diantaranya adalah penggunaan alat kedokteran yang menggunakan aplikasi komputer yaitu Ultra Sonografi (USG). Komputer juga sebagai alat control bagi pemantauan CCTV, tata lampu traffic light, maupun escalator. Pada hal tersebut komputer sebagai alat control jarak dekat ataupun jarak jauh.
Manfaat Komputer berikutnya adalah sebagai sarana usaha, misalnya usaha percetakan atau sablon, usaha video editing, usaha desain arsitektur, dan warnet. Komputer yang sudah terhubung dengan internet membuat kita lebih mudah untuk mencari informasi, mulai dari berita politik, perdagangan, travel, referensi bagi pelajar, dan lain sebagainya. Inilah fungsi komputer ditinjau dari segi informasi. Disinilah saking banyaknya sumber yang memberikan sebuah informasi rawan sekali akan berita bohong atau hoax, jadi kita harus pandai – pandai memilih berita mana yang yang memiliki sumber terpercaya, selain itu mental kita juga harus ditata, jangan mudah tersulut emosi dan jangan mudah berempati untuk menshare berita yang belum jelas kebenarannya.
Selain itu komputer bisa melakukan berbagai aktivitas komunikasi seperti mengirim gambar, video, dan audio melalui e-mail, melakukan chatting dengan seseorang, dan berkomunikasi melalui webcam. Apalagi sekarang banyak media sosial seperti facebook, instagram, dll yang memudahkan kita berhubungan antara satu sama lain dengan jarak jauh melalui media Internet.

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.