Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Manfaat Kulit Manggis

Beberapa tahun belakangan ini, buah manggis menjadi populer akibat soundtrack iklan ekstrak kulit manggis yang sering didengar di televisi. Buah yang memiliki rasa manis dan cenderung asam kecut ini, nyatanya memang benar banyak manfaatnya. Bagaimana dengan manfaat kulit manggis? Yuk simak manfaat kulit manggis untuk kesehatan.

Beberapa manfaat kulit manggis

1. Anti alergi dan anti inflamasi

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat kulit manggis memiliki kedua zat anti alergi dan anti inflamasi. Sebuah studi tersebut menyatakan jika kandungan pada kulit manggis dapat memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiatnya lainnya terbukti ampuh untuk menghambat kadar histamin  dalam tubuh. Manfaat dari prostaglandin sebetulnya berguna dalam meredakan peradangan (anti inflamasi), yang mana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang dapat mudah terkena alergi.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat kulit manggis yang lain adalah dapat mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang menyebabkan seseorang dapat terkena kencing manis dini. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan kulit manggis, alpha-amylase, sebanding dengan zat acarbose, fungsinya yaitu dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan tersebut sama dengan zat yang terdapat dalam resep obat diabetes tipe 2.

Mengapa demikian? Karena kemampuan menurunkan gula darah dari kulit manggis ini berasal dari asam tannic. Senyawa tersebut juga terdapat pada zat kompleks proantosianidin oligomer (OPC). Nah, OPC ini banyak tersedia dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji, bunga dan serat kulit kayu. Selain baik untuk gula darah, OPC pada kulit manggis diketahui berlimpah zat antioksidan. OPC tersebut mengandung zat antibakteri, antivirus, anti kanker, anti inflamasi, anti lergi dan vasodilatasi.

3. Kulit manggis untuk obat jerawat

Manfaat kulit manggis ini baik untuk kulit wajah yang bermasalah. Sebuah studi dari Thailand menyatakan, zat antioksidan  pada kulit manggis ampuh melenyapkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat berbahaya, yang mana dua faktor tersebut mampu memengaruhi pertumbuhan jerawat.
Selain itu, kulit manggis sangat efektif terhadap perlindungan radikal bebas, tetapi juga mampu menekan produksi sitokin pro inflamasi yang berkontribusi terhadap pembentukan jerawat atau peradangan pada kulit.

4. Daging buah manggis yang kaya akan serat

Sekarang, sedikit beralih pada daging buah manggis. Daging buah manggis dapat menjadi sumber yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi buah manggis segar dapat membantu menangkal sembelit dan masalah pencernaan. Secara tidak langsung, dengan mengkonsumsi serat yang ditemukan dalam buah ini, Anda juga meningkatkan asupan prebiotik, yang membantu membuat bakteri probiotik berkembang di dalam usus Anda.

5. Mencegah penyakit jantung

Yang satu ini merupakan manfaat kulit manggis yang paling dicari dan paling berkhasiat bagi tubuh. Dalam kandungan kulitnya, manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, kulit buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.
Bagikan artikel ini:
loading...



Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.