Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Manfaat buah Plum

Buah Plum Bagi Kesehatan

Buah plum adalah salah satu buah yang kurang populer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat buah plum tak kalah hebat dengan buah lainnya dalam mengatasi berbagai penyakit. Fakta menunjukkan bahwa buah plum yang masih dekat dengan keluarga ceri dan kacang ini kaya akan antioksidan.
Buah plum adalah jenis tanaman yang masuk ke dalam genus Prunus dari famili Rosaceaemeliputi persik, aprikot, dan nektarin. Buah ini memiliki berbagai variasi warna dan bentuk, lebih dari 2000 varietas.
Berikut adalah 5 Manfaat buah Plum

1. Menyembuhkan obesitas

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat buah plum merah untuk diet dapat membantu melawan sindrom metabolismekarena adanya senyawa bioaktif. Ekstraksi buah plum adalah rahasia pengobatan obesitas dan komplikasi lainnya yang masih berkaitan dengan kelebihan berat badan.
Flavanoid dan fenol yang ada di dalam buah plum juga hadir sebagai pencegah obesitas. Manfaat buah plum untuk diet pada akhirnya juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh penderita kelebihan berat badan.

2. Mengontrol diabetes

Meskipun kaya akan karbohidrat, buah plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setelah dimakan. Hal ini dikarenakan khasiat buah plum yang mampu meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang memainkan peranan penting dalam pengaturan kadar gula darah. Flavonoid yang ada pada plum memiliki efek protektif terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.
Sebagai tambahan, kandungan fiber juga menjadikan manfaat buah plum untuk diabetes semakin terasa. Fiber memperlambat penyerapan karbohidrat setelah makan, menyebabkan gula darah meningkat perlahan tidak mendadak.

3. Menjaga kadar gula darah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah plum adalah untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung. Sebuah penelitian mewajibkan subjek untuk mengonsumsi jus buah plum dan mengonsumsi 2 sampai 3 buah setiap pagi selama 8 minggu.
Subyek tersebut dibandingkan dengan kelompok lainnya yang mengonsumsi hanya segelas air putih dalam kondisi perut kosong. Penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang meminum jus buah plum setiap hari memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan demikian total kolesterol dalam tubuh.

4. Pencegahan osteoporosis

Manfaat buah plum kering ternyata mampu menjaga kesehatan tulang. Semua ini karena kandungan anabolik dan anti-resorptive untuk merawat tulang. Flavanoid seperti asam caffeic dan rutin membantu mencegah kemerosotan jaringan tulang dan mencegah berbagai penyakit seperti osteoporosis pada wanita yang telah mengalami menopause.

5. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi makanan kaya akan serat telah menjadi resep untuk melancarkan sistem pencernaan. Karena sumber fiber yang tinggi, khasiat buah plum tidak hanya sebatas menyembuhkan obesitas tetapi juga membantu melancarkan pencernaan.
Penelitian menunjukkan bahwa khasiat buah plum dapat meregulasi saluran pencernaan karena kandungan kadar sorbitol dan isatin di dalamnya, sehingga penyakit seperti sembelit bisa terhindarkan.
                                                       Sumber: doktersehat.com

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.