Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Manfaat Kapal

Sejarah Teknologi Kapal Laut Sejak 10 Ribu Tahun Lalu






 Kapal laut saat ini tampil gagah dan dilengkapi teknologi canggih. Dahulu kapal laut masih sederhana, yakni digerakan oleh angin yang berhembus kuat.
Wikipedia menerangkan, perahu yang dikenal pertama kali muncul pada masa Neolitikum, sekira 10.000 tahun yang lalu. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas, mereka dapat bergerak di atas air.
Kapal tersebut terutama digunakan untuk berburu dan memancing. Kano tertua yang ditemukan arkeolog sering dibuat dari batang pohon coniferous, menggunakan peralatan batu sederhana.
Agar tidak tersesat, pada masa lalu kapal berlayar tidak jauh dari benua atau daratan. Sesuai dengan perkembangan akhirnya para awak kapal menggunakan bintang sebagai alat bantu navigasi dengan alat bantu berupa kompas dan astrolabe peta.
Penemuan jam pasir oleh orang-orang Arab turut mendukung navigasi ditambah dengan penemuan jam oleh John Harrison pada abad ke-17. Selain itu, penemuan telegraf oleh S.F.B Morse dan radio oleh C. Marconi, terlebih penggunaan radar dan sonar yang ditemukan pada abad ke 20 tampaknya mempengaruhi peran navigator.
Menjelang akhir abad ke-20, navigasi dipermudah oleh teknologi GPS, yang lebih modern dengan bantuan satelit.
Sekira 3.000 tahun sebelum masehi, orang Mesir Kuno telah mengetahui bagaimana merakit papan kayu ke dalam lambung kapal. Mereka menggunakan tali pengikat untuk merapatkan papan.
Alang-alang dan rumput di antara papan itu membantu menguatkan. Sejarawan dan ahli geografi Yunani, Agatharchides telah mendokumentasikan pembajakan kapal di antara orang-orang mesir awal selama masa Kerajaan Raya yang sejahtera antara abad ke-30 dan abad ke-25 sebelum masehi.
Pada abad ke-14 hingga abad ke-18, teknologi navigasi masih tetap primitif. Ketiadaan teknologi ini tidak menghalangi beberapa peradaban untuk menjadi penguasa laut. Contohnya termasuk republik maritim Genoa dan Venesia, Hanseatic League, dan angkatan laut Bizantium.
Sementara itu, orang-orang Viking menggunakan knarrs (semacam perahu) mereka untuk menjelajahi Amerika Utara, berdagang di Laut Baltik dan menjarah banyak wilayah pesisir Eropa Barat.
Selama paruh pertama abad ke-18, Angkatan Laut Prancis mulai mengembangkan jenis kapal baru yang dikenal sebagai kapal garis, yang menampilkan tujuh puluh empat senjata. Jenis kapal ini menjadi tulang punggung semua armada Eropa.
Kapal-kapal ini memiliki ukuran panjang 56 meter (184 kaki) dan bangunannya membutuhkan 2.800 pohon ek dan tali sepanjang 40 kilometer (25 mi). Mereka membawa sekira 800 pelaut dan tentara.
Kemudian pada abad ke-19, kapal layar yang sangat cepat muncul dan teknologi kapal uap yang memiliki efisiensi bahan bakar yang baik dan pembukaan Suez dan Panama Canals.
Desain kapal tetap tidak berubah sampai akhir a bad ke-19. Revolusi industri, metode penggerak mekanis baru, dan kemampuan untuk membuat kapal dari logam memicu ledakan dalam desain kapal.
Faktor-faktor yang menjadi pemicu evolusi kapal itu antara lain, kebutuhan kapal yang lebih efisien, akhir konflik maritim yang telah lama berjalan serta peningkatan kapasitas keuangan kekuatan industri menciptakan kapal yang lebih khusus. Kapal yang dibangun untuk fungsi yang sama sekali baru, seperti pemadam kebakaran, penyelamatan, dan penelitian, juga mulai muncul.


Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.