Artikel Pilihan

loading...
Breaking News
recent

Kelapa Muda & Berbagai Manfaatnya

Kelapa Muda

Sebelum melihat apa saja manfaat dari kelapa muda, ada baiknya sobat tahu dulu nama ilmiah dari kelapa. Kelapa adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Arti kata kelapa dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa, biji, atau buah, yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan



Kandungan nutrisi pada air kelapa muda adalah:
  • Energi : 79 kJ (19 kcal)
  • Karbohidrat : 3.71 g
  • Lemak : 0.2 g
  • Protein : 0.72 g
  • Air : 94.99 g
  • Tiamina (Vit. B1) : 0.03 mg (2%)
  • Riboflavin (Vit. B2) : 0.057 mg (4%)
  • Niasin (Vit. B3) : 0.08 mg (1%)
  • Asam Pantotenat (B5) : 0.043 mg (1%)
  • Vitamin B6 : 0.032 mg (2%)
  • Folat (Vit. B9) : 3 µg (1%)
  • Vitamin C : 2.4 mg (4%)
  • Kalsium : 24 mg (2%)
  • Besi : 0.29 mg (2%)
  • Magnesium : 25 mg (7%)
  • Fosfor : 20 mg (3%)
  • Kalium : 250 mg (5%)
  • Zink : 0.1 mg (1%)


Manfaat Kelapa Muda

Berikut beberapa manfaat dari kelapa muda yang masih belum banyak diketahui orang.

1. Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa muda memang banyak mengandung elektrolit sehingga dapat menggantikan cairan didalam tubuh kita ketika kita sedang beraktivitas. Tak hanya itu saja, air kelapa muda ini juga mengandung potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air didalam sel dan didalam darah. Sementara itu air kelapa juga sangat mudah diserap oleh tubuh. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Nah sobat sehat, ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh kita, sehingga kita perlu menjaga kesehatan ginjal kita. Dan cara menjaga kesehatan ginjal ini salah satunya adalah dengan mengkonsumi air kelapa hijau secara rutin dan teratur. Kadungan nutrisi dari air kelapa hijau ini mampu menjaga ginjal kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Meningkatkan Vitalitas Pada Pria Dewasa

Seperti yang kita tau, sekarang ini para pria memang kebanyakan mengkonsumsi rokok secara berlebihan. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, apalagi kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan vitalias pada pria menurun. Dan dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin mampu mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang mengganggu tingkat kesuburan pada pria.

4. Sebagai Obat Penyakit Demam

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam air kepala muda ini juga dapat membatu menurunkan panas demam. Air kelapa hijau ini juga dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama, yaitu dengan cara mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam.

5. Membuat Kulit Menjadi Mulus

Kecantikan menjadi salah satu mahkota terindah pada setiap wanita dan memiliki kulit yang putih dan juga mulus pasti menjadi impian para wanita. Nah dengan memimun air kelapa muda secara rutin dan teratur juga mampu menjadikan kulita lebih halus dan mulus. Hal ini di sebabkan air kepala muda ini memiliki senyawa yang mampu membentuk jaringankolagen pada kulit.

6. Sebagai Anti Penyakit Untuk Ibu Hamil dan Janin

Air kelapa hijau mengandung senyawa asam laurat, senyawa ini dapat membantu melawan berbagai macam penyakit. Asam laurat ini juga ditemukan didalam asi dan memiliki kesamaan karakteristik untuk anti jamur, anti bakteri dan anti virus. Sehingga bagi ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi air kelapa hijau dengan rutin untuk menjaga kesehatan ibu dan janin agar tidak mudah terserang penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain berolahraga secara teratur kita juga bisa menjaga kesehatan jantung kita dengan cara mengkonsumsi air kelapa dengan rutin serta teratur. Dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh kita, air kepala juga mampu menjaga kesehatan jantung kita. Jadi mulailah untuk mengkonsumsi air kelapa hijau secara teratur agar kesehatan jantung kita tetap terjaga.

8. Menetralisir Racun di Tubuh

Air kelapa muda mengandung Tanin dan antidotum(anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Sementara itu air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurangi sifat racun dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi air kelapa hijau setiap hari mampu menghidarkan tubuh kita dari racun-racun yang terbawa oleh makanan yang kita makan. Jadi manfaat iar kelapa muda ini mampu menetralisir racun yang ada didalam tubuh kita.

9. Menurunkan Berat Badan

Air kelapa memiliki kandungan lemak, kadar gula dan kalori yang sangat rendah. Sehingga bagi kalian yang sedang menurunkan berat badan mengkosumsi air kelapa muda ini tidak menimbulkan efek samping. Jadi untuk diet sehat kalian tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan kimia, namun dengan berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi air kelapa muda kalian bisa mendapatkan berat bandan yang ideal.
Nah sobat sehat ternyata bukan air kelepa muda saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan, namun menurut beberapa penilitan air kelapa tua justru lebih banyak menyimpan manfaat dibidang kesehatan. Hal ini dikerenakan semakin matang buah kelapa maka akan semakin kaya dan lengkap kandungan gizi yang terdapat pada buah kelapa ini. Sementara itu, buah kelapa tua ini memiliki banyak kandungan seperti minerel, protein, lemak, vitamin C dan karbohidrat. Nah kandungan tersebutlah yang sangat di perlukan oleh tubuh kita sehingga buah ini kaya akan manfaatnya. Dan berikut adalah manfaat air kelapa tua bagi kesehatan.

10. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang sehat ditandai dengan lancarnya pembuangan air besar dari dalam tubuh. Sistem pencernaan dapat terganggu saat tubuh kekurangan asuapan serat dari dalam tubuh. Dan untuk menjaga sistem pencernaan kita agar tetap sehat, kita juga bisa mengkonsumsi air kelapa tua dengan rutin, pasalnya didalam air kelapa tua ini banyak mengandung serat dan nutrisi yang sangat baik bagi sistem pencenaan kita. Selain itu kalian juga dapat mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mendapatkan lebih banyak serat.

11. Mencegah Penyakit Usus

Nah salaht satu cara untuk mencegah penyakit usus ialah dengan cara mengkonsumsi air kelapa tua dengan rutin dan juga teratur. Karena usus halus sangat sensitif dan rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Jadi untuk mencegah adanya penyakit usus mulailah mengkonsumsi air kelapa ini dengan rutin.

13. Menghilangkan Jerawat

Sobat sehat, apakah kulit wajah kalian berjerawat ? jika ia ada satu cara menghilangkan jerawat yakni dengan cara meminum air kelapa. Dengan mengkosumsi air kelapa ini dapat membatu menghilangkan jerawat pada kulit wajah kita serta membatu menyamarkan noda hitam bekas jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan air kelapa ini mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik bagi kulit dan mampu menghilangkan jerawat yang ada pada kulit wajah kita.

14. Mengobati Campak

Salah satu manfaat air kelapa yang belum banyak orang tau adalah air kelapa mampu mengobati penyakit campak. Dengan meminum air kelapa ini secara teratur akan membatu kalian dalam mengeringkan campak dan memberikan proses penyembuhan bagi penyakit ini. Dan ciri-ciri penyakit campak ialah terdapat bulatan-bulatan merah yang menyebar hampir keseluruh tubuh dan disertai dengan demam yang cukup tinggi bagi para penderitanya.

15. Mengobati Penyakit Kolera

Tak hanya mengobati penyakit campak saja, tapi air kelapa juga mampu mengobati beberapa penyakit lain seperti kolera. Penyakit ini memang masih merupakan penyakit yang berhubungan dengan kulit, cara penularan penyakit ini pun terbilang sangat mudah yakni dengan cara bersentuhan dan juga melalui pakaian. Namun untuk mengobati penyakit ini kalian bisa meminum air kelapa secara rutin.

16. Dehidrasi

Dengan banyaknya anda melakukan aktivitas dapat membuat anda kehilangan banyak cairan tubuh. Dan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang secara alami ialah dengan cara meminun air kelapa. Didalam air kelapa memang terkandung banyak karbohidrat yang dapat digunakan sebagai penambah energi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Jadi jika kalian merasa haus dan lelah cobalah rasakan kesegaran air kelapa selain benyak mengandung vitamin air kelapa ini juga mampu menghilangkan dehidrasi yang kalian rasakan setelah banyak melakukan aktivitas.
Tak hanya untuk orang-orang sehat atapun untuk mengobati berbagai jenis penyakit saja, akan tetapi air kelapa muda ini juga sangat cocok untuk ibu yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan air kelapa muda ini menyimpan banyak sekali vitamin yang baik bagi tubuh sehingga banyak ibu-ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa muda ini. Semetara itu kadungan elektrolit pada air kelapa ini juga akan membatu kalian dalam membantu mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas. Namun yang perlu kalian ketahui, air kelapa hijau adalah yang paling bagus khasiatnya untuk ibu hamil dibandingkan dengan air kelapa biasa. Lalu apa saja manfaat air kelapa muda ini bagi ibu hamil? berikut ulasanya.

18. Kandungan Elektrolit Alami

Elektrolit merupakan salah satu jenis mineral dapat membatu anda dalam mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang setalah banyak melakukan aktivitas. Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dialami tubuh  akan terjadi seiring dengan kegiatan yang kalian lakukan. Hal ini juga sangat baik bagi ibu yang sedang hamil.

19. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Biasaya fungsi pencernaan pada ibu hamil akan mengalami gangguan kehamilan seperti perlambatan dalam mencerna makanan. Dan dengan memimun air kelapa akan membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Apa bila fungsi pencernaan terjaga dan tetap fit, maka gangguan pencenaan pun akan dapat dicegah.

20. Diuretik Alami

Air kelapa muda memiliki diuretik alami yang steril dan aman untuk dikonsumsi teruma bagi ibu hamil. Makanan sehat bagi ibu hamil yang memiliki dierutik alami membuat air kelapa muda dapat bermanfaat melancarkan proses pembuangan urine, memberihkan saluran kemih, membantu mengeluarkan zat racun yang masuk kedalam tubuh dan dapat membatu mencegah infeksi pada saluran kemih.

21. Meningkatkan HDL

Taukah kalian air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik didalam tubuh. Hal ini dapat menekan tingginya angka kolesterol jahal dalam tubuh kita, dan dapat membatu mencegah terjadinya penyakit kronis lain yang disebabkan oleh tingginya kolesterol jahat didalam tubuh. Nah gangguan kehamilan juga dapat pula terjadi pada ibu hamil yang cenderung memiliki kadar LDL yang lebih tinggi.

22. Mengandung Vitamin C dan B

Air kelapa muda juga mengandung beberapa vitami seperti vitamin C dan B. Kedua vitamin ini memang sangat baik untuk tubuh sehingga sangat cocok untu ibu yang sedang hamil. Vitamin C yang terkadung pada air kelapa ini mampu membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil. Dan vitamin B pada air kelapa ini juga mampu membantu pergantian jaringan-jaringan tubuh yang rusak.

23. Menjaga Penyumbatan Pada Pembuluh Darah

Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil selanjutnya ialah untuk menjaga penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung banyak kolesterol baik yang cukup tinggi manfaatnya sehingga kalian akan terhidar dair penyakit kronis. Selain ibu hamil manfaat air kelapa juga dapat dirasakan oleh siapa saja.

24. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bagi ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan metabolisme tubuh yang tinggi. Dan disinilan peran air kelapa muda dapat kita rasakan. Karena manfaat air kelapa muda ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, terutama pada ibu-ibu yang sedang mengandung.

25. Anti Aging

Disisi lain air kelapa muda ini juga memiliki manfaat yang baik bagi anti aging atau anti penuaan dini. Hal ini disebabkan oleh sifat air kelapa muda yang dapat membatu memperbaharui sel-sel tubuh. Hal ini tentu sangat baik jika dikonsumsi setelah kehamilan untuk mengatasi masal stretch mark diperut.

26. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi ibu hamil wajib menghindari terjadinya tekanan darah tinggi. Larangan ibi hamil yang satu ini memang sangat penting, kerena berpengaruh pada kondisi kesehatan janin. Dan untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi pada ibu hamil maka manfaatkan lah air kelapa ini sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Air kelapa muda sangat di anjurkan untuk ibu hamil, pasalnya air kelapa ini mengandung potassium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

27. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang kita ketahui air kelapa muda ini memang banyak mengandung kalium dan magnesium yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan jantung anda dan pada ibu yang sedang hamil. Selain itu vitamin yang terkandung pada air kelapa ini juga sangat diperlukan oleh ibu yang sedang hamil karena mampu menjaga kondisi kesehatan janin.
Nah sobat sehat selain air kelapa ini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, air kelapa muda juga memiliki banyak manfaat untuk wajah. Seperti yang kita singgung diatas bahwa sanya air kelapa muda ini banyak mengandung mineral dan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh dalam kehidupan sehari-hari seperti protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin B komplek dangen kandungan lemak yang rendah. Selain itu air kelapa muda ini juga mengandung asam amino seperti serin, sistein, alanin, dan arginin. Seperti yang kita ketahui asam amino juga merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menyusun melekul dan protein lainya. Berikut adalah manfaat air kelapa muda bagi kecantikan wajah.

28.  Menjecah Penuaan Dini

Air kelapa muda memiliki kandungkan lemak jenuh yang disebut sebagai likotin atau asam laurat. Zat asam ini memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk proses legurasi dan pembentukan sel kulit. Zat element ini juga berfungsi untuk menghambat terjadingan penuaan pada kulit wajah maupun kulit bagian lainya. Sementara itu kandungan antitrombiotik dan antikarsinogenik pada air kelapa ini juga dapat menjaga jaringan kulit serta menyeimbangkan Ph pada kulit.

29. Obat Jerawat

Nah sobat sehat ternyata air kelapa muda juga dapat digunakan sebagai obat jerawat loh, caranya ialah dengan mencampurkan bahan tradisional alami kunyit yang sudah diparut dengan air kelapa muda ini. Kemudian simpan didalam lemari es selama satu malam. Setelah itu saring ampas kunyit dengan kain lalu oleskan ampas kunyit tersebut pada wajah secara merata dan dibarengi dengan gosokan-gosokan lembut lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah kalian dengan air yang bersih lalu rajakan manfaat air kelapa muda yang dicampur dengan kunyit ini.

30. Mengatasi Kulit Berminyak

Jika kulit wajah berminyak pasti akan membuat kulit wajah menjadi kusam dan kotor, sehingga akan mengganggu penampilan kalian setiap hari. Nah untuk mengatasi hal ini kalian bisa melakukan perawatan ajah anda dengan cara rutin mengkonsumsi air kelapa muda ini dengan cara yang teratur untuk mengatasi masalah kulit berminyak pada wajah kalian.

32. Sebagai Pelembab Kulit Wajah

Air kelapa juga berfungsi sebagai pelembab kulit wajah, caranya ialah degan cara membasuh wajah atau muka anda dengan air kelapa muda ini secara merata. Dengan ini kulit kalian akan lebih elastik dan lebih kencang dari sebelumnya. Secain itu kalian juga bisa meminun air kelapa muda ini dengan rutin agar kulit wajah anda menjadi lebih lembab dan terlihat lebih muda.

32. Menyegarkan Kulit Wajah

Cuaca yang panas dan terik matahari akan membuat kulit wajah kita kusam dan nampak pucat, untuk mengatasi hal seperti ini kalian bisa membasuh wajah kalian dengan air kelapa muda secara merata dan di barengi dengan gosokan-gosokan lembut pada wajah. Selain membuat wajah kalin lebih segar wajah kalian juga akan nampak lebih berseri dan bersih.

33. Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit Wajah

Jika anda memiliki masalah pada kulit wajah kalian seperti adanya flek hitam bekas jerawar yang tak kunjung hilang kalian bisa menggunakan ramuan air kelapa muda ini sebagai masker wajah. Caranya ialah dengan cara campurkan air kelapa muda sebanyak 1 gelas dan timun yang sudah di blander lembut, setelah itu kalian bisa mengaplikasikan pada wajah kalian secara merata dan biarkan semala 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan rasakan manfaatnya.
Selain menyegarkan air kelapa muda ini memang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita. Selain sebagai pengganti ion tubuh yang hilang selama beraktivitas, air kelapa muda juga mampu mengobati beberapa jenis penyakit seperti mengobati penyakit usus, kolera dan campak. Selain itu air kelapa muda ini juga mampu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan jantung kita agar terhindar dari penyakit kronis. Selain air kelapa muda kalian juga bisa merasakan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh, seperti halnya manfaat air kelapa muda buah mengkudu juga mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti mengobati sakit kuning serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.



Info Artikel yang Mungkin Anda Suka
loading...



Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.